Tutorial Photoshop Mengambar Tokoh Kartun Buatan Sendiri

Salam narsis semuanya??

Bagaimana kabarnya teman-teman?? semoga baik-baik aja, dan terima kasih sudah mengunjungi blog saya yang sangat menarik ini ( hehe.. klo gak narsis malu donk ama nama domain saya, jadi harap maklum ya )

Okey, di akhir bulan ini ( pas baget ya tnggl 30 , hehe ), aku akan memberikan satu buah postingan yang sangat-sangat bermanfaat bagi teman-teman semuanya?? ( yang kemarin bermanfaat juga kan?? jawab iya ya hehe)

Sebelumnya saya ingin ngobrol-ngobrol sebentar nih, saya akan memberitahukan apa yang membedakan www.zonanarsis.com dibandingkan dengan web-web lainnya?? web-web lain disini yaitu web-web yang memberikan tutorial photoshop/design. ( hehe, maklum narsis!!)
Mungkin teman-teman sudah banyak melihat web-web yang memberikan tutorial photoshop yang gratis maupun yang berbayar ( walaupun saya tau pasti banyak yang mau gratis, termasuk saya hehehe) di internet. Bahkan mungkin banyak yang sudah menjadi tujuan utama, atau tempat wajib untuk di kunjungi.

Nah disini izinkan saya memperkenalkan www.zonanarsis.com sebagai salah satu web yang berbeda dengan web tutorial photoshop/design lainnya. Namun sebelum melihat perbedaan tersebut mari kita melihat kesamaannya dulu ya.

1. sama-sama menggunakan photoshop sebagai softwarenya. ( sampai saat ini saya belum menggunakan adobe illustrator karena sepertinya lebih fokus ke adobe photoshop)

2. sama-sama memberikan tutorial yang bermanfaat.( jawab iya ya * maksa )

3. sama-sama menyukai tutorialnya dikomentari pengunjung ( hehe klo ini khusus saya , kali aja sama ama yang lain jadi ya saya masukin aja)

4. ya pokoknya sama lah.. ( cape ketik nih)

Nah yang berbeda adalah... di www.zonanarsis.com ini, saya memberikan tema yang berbeda/belum banyak di gunakan yang lainnya, yaitu design character. yup, mungkin web lain banyak memberikan tutorial photoshop mengenai manupulation photo, editing foto, efect design dan lainnya. walaupun di tempat saya, saya juga memberikan tutorial tersebut, karena jujur untuk saat ini banyak orang yang memakai photoshop hanya karena itu. ( jadi tenang saja, anda tetap mendapatkan tutorial-tutorial seperti itu di tempat saya )

Karena itulah disini, di zonanarsis.com ini, saya menambah sebuah tema yang mungkin belum banyak di pakai oleh web-web tutorial lainnya, yaitu character design.

Apa itu character design?? saya biasa menyebutnya begitu, yaitu menggambar sebuah character , dimana dalam konteksnya yaitu character comik. Bisa itu mascot, kartun, karikartun ataupun tokoh game maupun film animasi. Bisa itu asli character sendiri ataupun meniru character buatan orang lain.

Saya disini lebih menyukai character buatan sendiri, karena ada kepuasaan tersendiri apabila character ciptaan kita, direspect orang lain. Syukur-syukur dilirik perusahaan besar untuk dijadiin mascotnya ataupun dengan melihat hasil design kita, mereka membayar kita untuk membuat character lainnya untuk keperluan promosi perusahaan.

Namun tidak menutup kemungkinan kita membuat character-character terkenal, namun dengan ciri kita sendiri.

Karena itu dengan memberikan tutorial seperti ini, saya harap bisa membantu teman-teman menciptakan character khayalan sendiri. Seperti pada tutorial membuat mascot, di sana saya menjelaskan secara psikologi orang lebih menyenangi sebuah design yang menarik dibandingkan dengan design biasa( tentu saja ), dan apabila ada sebuah character/mascot didalamnya , orang akan lebih mengingat design tersebut,dan ini bisa dijadikan salah satu trik untuk membrandingkan perusahaan/web kita.

Karena disini saya seorang blogger, dan teman-teman kebanyakan juga blogger, saya harap salah satu tema yang saya unggulkan dalam website saya ini bisa bermanfaat untuk teman-teman blogger membuat mascot untuk webnya, ataupun tokoh komik khayalannya, juga lainnya.

Karena itu untuk postingan akhir bulan ini, saya akan memberikan tutorial menggambar sebuah character tanpa melakukan skets,( walaupun sebaiknya untuk mempermudah itu harus menggunakan sketsa)kali ini langsung menggunaakan mouse, jadi disini kalian bisa meniru cara membuatnya, dan nantinya di modifikasi, ataupun di buat baru untuk character anda sendiri.

Pada tutorial kali ini saya beri judul dengan " mengambar tokoh kartun buatan sendiri "

Pertama-pertama kita buka terlebih dahulu software photoshopnya. Setelah terbuka klik menu file > new document.. setelah terbuka isikan datanya seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

 
Setelah area kerja terbuka, mari saatnya kita mengambil tool kegemaran kita semua, pen tool!!

Disini, saya membuat sebuah tokoh kartun boneka anak panda!! ( hehe sok imut nih )

Buat layer baru, beri nama kepala , oke lanjut.. dengan paint tool buat lah gambar seperti ini,
  

 
Memang lebih mudah menggambar dengan bulat saja, namun biar terlihat lebih original ( hehe) kita buat tidak terlalu bulat, lalu seperti biasa beri warna putih.

Biar tidak binggung dengan background yang juga warna putih, bisa di ubah menjadi warna abu-abu..


Jika sudah buat layer baru beri nama kuping, letakkan dibawah layer kepala. Bentuk dengan paint tool, beri warna hitam. lihat gambar..


Lalu buat kuping sebelahnya dengan cara mengcopinya, untuk lebih jelas cara mengkopinya liat tutorial membuat maskot yang telah saya tulis, lihat pada bagian membuat kaki dan tangan.

Jadinya seperti ini..


Buat layer baru lagi, berinama mata, buat bentuk menjadi mata, lihat gambar untuk mengetahui langkah-langkahnya..


Jika sudah membuat seperti di atas, tekan ctrl+ j untuk menduplikat layer mata, setelah itu perkecil layer mata duplikat tadi, dan ubah warnanya menjadi putih..


Selanjutnya, buat layer baru berinama bola mata.. buat bulat seperti gambar, lalu ubah jadi warna hitam.


Biar lebih hidup buat matanya seperti gambar dibawah ini, dengan menduplikat seperti contoh tadi. Jadinya seperti ini.


Oke jika sudah, group kan layer-layer mata tersebut ke dalam satu group folder, caranya select layer-layer tersebut dan tekan ctrl+G. setelah itu buat duplicat groupnya dengn cara, klik kanan>duplicate group dan tekan menu edit> transform> flip horizontal, untuk membuat mata sebelahnya, dan sesuaikan dengan gambar.


Biar sesuai cahaya pada bola mata disamakan dengan mata satunya lagi dengan cara menselect dua layer tersebut dan klik menu edit>transform>flip horizontal.


Okey, setelah itu buat layer untuk hidung dan mulut, sama seperti cara diatas, bentuk dengan paintools dan diberi warna..


Biar keren tambah kan jambul, buat layer baru dan bentuk jambul seperti gambar.


Okey, dah muncul deh kepalanya? gimana?? mantaps bukan??..

Untuk tutorial kali ini, kita fokuskan ke kepalanya saja ya, dikarenakan untuk mempermudah kalian semuanya memahami. Untuk badannya akan di berikan pada tutorial berikutnya, jika kalian memahami benar tutorial kali ini kalian juga bisa langsung membuat badannya juga anggota tubuh lainnya. atau menunggu saya pada tutorial berikutnya..

Bagaimana?? kalian tertarik untuk mencoba membuat character kartun anda sendiri?? semoga tutorial kali ini bisa membantu anda semuanya ya. nantikan tutorial berikutnya untuk melengkapi anggota seluruh badannya.

Bukan maksud saya mengecewakan kalian semua, namun apa daya saya juga tidak mungkin memberikan semua secara langsung tutorial ini dikarenakan waktu yang mepet jadi saya buat dua tahap, ini juga demi kalian semua agar lebih memahami terlebih dahulu ( hehehe ), lebih baik mengerti sedikit dari pada banyak namun tidak mengerti.( ciee )

Nah kalian bisa-bisa latihan-latihan dulu dengan tutorial kali ini, dan diharapkan pada tutorial berikutnya kalian sudah siap untuk melanjutkannya. Oke semuanya, terima kasih yang sudah mau berkomentar di blog saya ini, semoga bermanfaat buat teman-teman semuanya ya?? jika ada pertanyaan ataupun hal yang kurang jelas, silahkan kalian tanyakan kepada saya bisa di komentar ataupun add FB saya, insyaAllah saya akan menjawabnya.

Bersambung.. ke part 2

Posted in . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.