Tutorial Photoshop Memakai Pen di Photoshop


Nah untuk postingan kali ini, saya akan membahas tutorial photoshop namun bukan membuat sebuah objek gambar atau projek design. Namun tutorial photoshop kali ini, saya lebih membahasa mengenai tools pada photoshop. Semoga tutorial photoshop kali ini bermanfaat ya..

Hmm mungkin ada yang belum tau kalo pen tool itu juga sangat penting kegunaan nya di setiap kita mendesign sesuatu dalam photoshop.
Bagi yang jago design udah tau pasti kalo pen tool adalah salah satu tool favorit. Kegunaanya untuk memanupulasi poto atau menggambar bentuk, membuat pengerjaan sebuah design lebih gampang.

Tapi yang belum mahir menggunakan pen tool, dalam postingan kali ini aku ingin sedikit memberitahukan caranya..

Seorang teman pernah bilang ke aku, “pakai pen tool ribet yan, mending pake lasso tool kan bisa juga bentuk gambar”. Ya emang lasso tool juga bisa, tapi menurut ku pakai lasso lah yang ribet lagian hasilnya juga tidak rapi.

Nah untuk kali ini aku akan mencoba jelasin gimana memotong sebuah gambar menggunakan pen tool.

Oke buka potoshop, open gambar kamu..

Disini aku pakai gambar seorang model yang sudah sangat kalian kenal yaitu..

Hehe2 saya ternyata ..
saya
 
Sabar2.. yang merasa kesal, antri aja dulu ya, selesai baca baru deh saya kabur ( loh )

Sebelumnya layer backgroundnya di jadiin layer dengan cara doble klik layer backgroundya trus keluar window baru klik “ok”.

Kalau sudah klik icon pen tool langsung deh kita “mainkan”.


Memakai Pen di Photoshop

Nah setelah di klik iconnya. Sekarang kita mainkan di kanvas. Klik titik awal daerah yang mau dipotong.
Memakai Pen di Photoshop

Nah kalau sudah sekarang klik titik ke-2, liat seperti keterangan pada gambar.
Memakai Pen di Photoshop

Oke untuk mempermudah sekarang liat di gambar aja ya…
Memakai Pen di Photoshop

Mungkin waktu langkah ini agak susah dan agak ribet tp kalo dibiasain, akan mudah juga lakuinnya. Kalo bisa buatnya sedetail mungkin. Jadinya hasilnya pun bagus. Oke lanjut..
Memakai Pen di Photoshop

Nah seperti yang sudah di jelasin di gambar. Ga semuanya lengkung garis yang melingkari area potong. Jadi cara matiin lengkungnya dengan cara, Pointer pen tool berada pada titik yang mau di tumpulin sudutnya atau tajamin sudutnya dengan cara tahan “alt” dan klik titik tersebut. Di coba aja terus sedikit2 pasti ngerti.. next pic..
Memakai Pen di Photoshop

Nah tinggal di ikuti cara tadi sehingga area yang mau di potong sudah nampak jelas, karena titik awal tadi sudah ter sambung dengan titik akhir.

Bagaimana? Gak sulitkan menggunakan pen tool? Nah dengan cara yang sama ntar kamu bisa lakuin berbagai macam bentuk..

Untuk postingan kali ini aku Cuma kasih tau cara memotong gambar..

Oke lanjut lagi..

Memakai Pen di Photoshop

Ikuti aja keterangan pada gambar ya.. sampai di sini pekerjaan akan mudah kok..
Memakai Pen di Photoshop

Lanjut…
Dah ter ”select” area potong so..
Memakai Pen di Photoshop

Dah di klik?
Memakai Pen di Photoshop

Pada area gambar klik kanan.. ikuti seperti gambar untuk menukar area ter “select”
Memakai Pen di Photoshop

Jadinya seperti gambar di atas..
Memakai Pen di Photoshop

Lalu tekan “delete” pada keyboard. Untuk menghilangkan gambar yang tak di gunakan..
Memakai Pen di Photoshop

Nah udah hilang “select”nya? Gimana dah mulai jelas kan ? lumayan rapi kan? Kalau mau lebih rapi lagi harus lebih detail lagi jadi harus sabar dan teliti…
Memakai Pen di Photoshop
Memakai Pen di Photoshop
 
Lebih rapi dan halus kan? Jika menggunakan lasso tools tidak serapi ini.

Nah gimana tutorial kali ini bermanfaat kan? Jadinya nih bisa lebih mempermudah kalian untuk sering mengunakan pen tool, banyak lagi kegunaan pen tool lainnya. Ntar aku jelasin di posting-postingan ku selanjutnya..

Nah poto yang dah di potong tadi sudah bisa kamu gabungin ke poto lain atau gambar lain..

Seperti yang dah aku buat di bawah ini..

Memakai Pen di Photoshop

Nah gimana lumayan kan hasilnya??

Oke deh jika ada pertanyaan-pertanyaan mengnai tutorial photoshop ini langsung aja tanya ya? InsyaAllah di jelasin.. hehehe2..

Dan nantikan tutorial photoshop saya selanjutnya ya..

Salam narsis

Posted in . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.