Tutorial Photoshop Mascot Design part II ( Pewarnaan )

Salam Narsis buat semua teman-teman yang telah mengunjungi webblog yang membahas tutorial photoshop ini..
Mascot Design part II ( Pewarnaan )
Maap sebenarnya kemarin saya dah mau poting kelanjutan bagian ke duanya, namun ngenet lemot kemarin, jadinya dengan kecewa saya tak bisa posting tutorial photoshop kemarin. ( sungguh saya gak bohong emang beneran lemot kok..)
Nah sekarang ngenet nya lagi gak lemot (moga-moga aja ya). Aku mau posting lanjutan dari postingan tutorial photoshopyang lalu yaitu, Design Mascot bag I (ink) bagi yang belum liat silahkan-silahkan di baca lagi post-post tutorial photoshop saya, atau mau cepat klik link ini aja, biar langsung..
Nah untuk lanjutan tutorial photoshop yang ini, aku juga akan beri sedetail mungkin agar kalian-kalian juga bisa ikutin tutorial photoshop kali ini,
Buka gambar yang lalu kedalam photoshop..
tarra..

Mascot Design part II ( Pewarnaan )
Di sini layer cuma ada dua yaitu layer satu dan background, buang layer background caranya buang ke tong sampah dengan mendrag layer tersebut ke tong sampah caranya pernah aku jelasin di tutorial ini atau dengan cara pada layer background klik 2 kali atau doble klik terus akan keluar box, nah klik ok untuk menjadikan layernya jadi layer 0, baru ke menu layer di bar menu pilih delete>layer untuk menghilangkan layernya.
Nah sekarang buat layer baru, seperti cara kemarin masih ingat kan?? jika nggak silahkan di baca lagi tutorial yang lalu, hehehe..
Layer ini kita jadikan layer background kita, yaitu jadikan warna putih. caranya, pilih tools paint bucket tools atau ketik G pada keyboard, nah foregroundnya seting dulu jadiin warna putih, baru tuang di layer 2, ingat di layer 2 jangan di layer 1, untuk layer 1 sekarang pilih gambar gembok gunanya untuk mengunci layer tersebut agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan kita hehe..
Oh iya sebelumnya posisi layer 2 di bawah layer 1, layer 1 paling atas..
Sekarang buat layer baru, yaitu layer 3, posisikan layer 3 ini diantara layer 1 dan layer 2, alias di tengah-tengah antara kedua layer.
Sekarang baru kita mewarnai, ingat area kerja kita sekarang ada di layer 3.. oke seperti biasa pilih tools kesukaan kita semua yaitu pen tools.. tau kan yang mana??
Sebelumnya ubah dulu warna foregroundnya untuk tubuh si mascot sesuai keingingan caranya ada di tutorial yang lalu, di sini aku menggunakan warna orange , biar cerah. nah sekarang baru mulai, pada pen tools, ikuti garis kotak, liat gambar..
Mascot Design part II ( Pewarnaan )
Seperti posting kemarin juga klik kanan pilih fill path > ok.
Mascot Design part II ( Pewarnaan )
Untuk tangan dan kaki biar maching aku pilih warna orange tua, dan untuk lengan aku isi dengan orange yang lebih muda dari badan si mascot dan jangan lupa lidahnya di isi warna merah. lakukan seperti langkah warnain badan, hasilnya akan seperti ini..
Mascot Design part II ( Pewarnaan )
Ingat setiap warna di buat berbeda layer jadi tinggal buat layer untuk tiap warna, jangan di gabung layernya ini untuk membuat kerjaan lebih teratur dan lebih mudah bagi kita nantinya.
Nah mudah kan mewarnainya?? gak lama kan?? sungguh cepat, karena apa??? karena dah tau caranya hehehe,
Tapi kerjaan belum selesai sampai di sini, kita masih melanjutkan melakukan pewarnaannya. Kita akan membuat lebih keren lagi , caranya kita tambahkan bayangan pada mascot, dengan adanya bayangan, mascot lebih terlihat real.
Namun sebelumnya tentukan dahulu arah cahaya datang, bukan kah bayangan timbul karena ada cahaya?? jadi di tentukan dahulu ya, di sini aku mengambil arah cahaya datang dari sudut kanan gambar.. berarti sebelah kiri kita buat bayangannya..
Sampai di sini, ada pertanyaan? ( halah seperti dosen aja hehehe)
Setelah di lihat-lihat ternyata di menu layer banyak sekali layernya? Biar gak pusing nih, sebelumnya tiap layer di kasih nama aja , jangan layer 1,2,3 dst.., bisa ribet ntar ( yang jelasin juga bingung nih hehehe).
Ganti semua nama layer jadi seperti ini, jadiin badan, tangan, kaki, lidah, lengan atau bisa juga dengan nama warna sesuai warna yang kita buat tadi untuk masing-masing bagian tubuh, cara mengubah namanya adalah dengan cara double klik tulisan layernya pada menu layer, misalnya layer 3, double klik baru ubah namanya, double kliknya di tulisan layer 3 ya.
Aku di sini mengubah memakai yang pertama yaitu sesuai nama bukan warna, maksudnya pada layer yang ada badannya aku buat badan, dst.
Langkah selanjutnya adalah memberi bayangan pada badan caranay dengan membuat layer baru, posisikan layer tersebut di atas layer badan..beri nama layer ini bayangan badan
Pada layer ini gunakan lagi pen tool kita untuk membentuk bayangan liat gambar..
Mascot Design part II ( Pewarnaan )
setelah itu seting foregroundnya. foregroundnya di isi dengan warna agak gelap dari warna badan.. liat gambar lagi..
Mascot Design part II ( Pewarnaan )
Nah dah ngerti kan?? tinggal buat seperti badan tadi di tangan lengan dan kaki, di mana setiap layer bayangan yang baru diletakkan posisinya di atas layer yang sesuai misal mau buat bayangan kaki dan tangan, buat layer baru bayangan kaki & tangan, letakkan di atas layer kaki dan tangan, gitu maksudnya.. ngerti kan?? ya harus donk..
nah kira-kira ntar jadinya seperti ini kalo udah di kasih bayangan tiap anggota tubuh..
Mascot Design part II ( Pewarnaan )
Gimana keren kan?? hehe.. nah sekarang baru buat bayangan si mascot..
Buat layer baru beri nama bayangan si mascot, letakkan layer baru ini di atas layer putih yang paling bawah tadi, buat bayangan sesuai imajinasi kita, yang tentu aja sesuai dengan arah cahaya datang.
Mascot Design part II ( Pewarnaan )
nah hasil akhirnya kira-kira seperti ini..
Mascot Design part II ( Pewarnaan )
Gimana menurut kalian?? cukup menarik kan?? iya kan?? hehe ( gak maksa kok)
Pewarnaan kali ini pewarnaan yang cukup sederhana , pemula pasti bisa, ntar kalo dah sering latihan, akan makin cepat dan pemilihan warna juga pemilihan bentuk bayangan akan lebih bagus lagi.
InsyAllah di lain kali aku akan memberikan tutorial teknik pewarnaan lainnya yang tentu saja lebih menarik lagi.
Nah jika dah selesai langsung di save ya, jangan di kagumi dulu di save dulu baru di kagumi gambarnya hehehe, layer yang di kunci tadi sudah bisa dibuka.
Jika sudah selesai tinggal kita gunakan semau kita untuk macam-macam salah satunya di masukkan ke banner kita.. seperti ini :
contoh banner
atau seperti ini :

contoh banner
Pasti banner kita lebih menarik lagi untuk orang klik, iya kan??
Nah akhirnya selesai juga nih tutorial photoshop pewarnaanya, gimana menurut kalian?? semoga bermanfaat ya.. jika ada yang gak ngerti dengan maksud saya pada tutorial photoshop ini, silahkan bertanya aja gak apapa kok.. insyaallah pasti di jawab. amin..
Nah segini dulu ya, ntar tunggu postingan tutorial photoshop saya lainnya..
Mau tidur nih dah ngantuk..
Bye..
Salam narsis
Bila ingin mengetahui update terbaru dari zonanarsis.com ini, kalian bisa mengikutinya di RSS, atau bergabung di FB, dan follow Twitter ZonaNarsis.com!!
Jangan lupa sharing juga sama-sama teman-teman FB, dan Twitter kamu dengan mengklik icon gambar di bawah
http://feeds.feedburner.com/TutorialPhotoshopDanIlustrator

Posted in . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.