Menarik Mana Vector Art atau Vexel Art?

Pertanyaan asik yang selalu menjadi hal menarik untuk di bahas, dan menjadi pembicaraan yang sering di debatkan di komunitas desain, dari vectornya, bitmapnya, softwarenya, juga gaya desainnya. Pertanyaan yang relatif yang jawabannya tentu setiap orang tidak sama, ada orang yang anti vector tentu saja dia memilih vexel, ada yang anti bitmap tentu saja memilih vector.

Saharusnya Pixel/Bitmap dan Vector tidak perlu didebatkan, sebagai seorang desainer keduanya haruslah di kuasai, karena kedua hal terebut bukan hal yang harus dipilih salah satu. Mau tidak mau, suka tidak suka jika terjun di dunia desain, menguasai kedua hal tersebut tentu saja dapat membantu pekerjaan, juga menjadi nilai tambah bagi karir kerja.

Dan dari kedua permasalah vector dan pixel, kita menuju sub yang sering diperdebatkan yaitu Vector Art dan Vexel Art, kubu vector merasa kubu pixel mengambil gaya seni yang mereka kuasai yaitu Vector Art, sedangkan kubu pixel/bitmap merasa yang mereka buat bukanlah Vector Art tapi Vexel Art. Namun biasa perdebatan ini di lakukkan oleh para newbie, yang masih baru-baru terjun ke dunia desain.


Sekarang kita coba masuk ke pengertian dari Vector Art dan Vexel Art

Vector Art

Perbedaan Vector Art dan Vexel Art
Vector Art atau Vector Graphic ataupun Gambar Vector adalah suatu gambar digital yang berbasiskan persamaan matematis. Gambar Vektor ini terdiri dari penggabungan koordinat-koordinat titik menjadi suatu garis atau kurva untuk kemudian menjadi sebuah objek, sehingga gambar tidak menjadi pecah walaupun diperbesar atau diperkecil. Gambar vektor umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil bila dibandingkan dengan gambar bitmap. Beberapa format gambar vektor di antaranya: Ai, SVG, EPS, dan CDR.

Jelasnya Vexel Art adalah gaya gambar vector di buat di progam berbasis Vector, seperti Adobe illustrator/Corel Draw. Vector Art menjadi terkenal dan populer karena gaya gambar yang terlihat kartun banyak di sukai orang.

Dan berikut Progam-progam atau Software-software berbasis vector :


Cenon, Dia, GYVE, ImPress, Inkscape, Karbon14, NodeBox, OpenOffice.org Draw, Skencil(Sketch), Sodipodi, Synfig, Tgif, Xara Xtreme for Linux, Xfig, ACD Canvas (Deneba Canvas), Adobe Illustrator, Artworks, CorelDRAW, ConceptDraw, DrawWell, EazyDraw, Elgorithms MagicTracer,iDraw, iGrafx, Designer, Intaglio, Jasc WebDraw, Jfig, Kai Power Tools, Macromedia FreeHand, Metafile Companion, Microsoft Expression Graphic Designer, Microsoft Expression Interactive Designer, Mayura Draw, OmniGraffle, Paint Shop Pro, Real-DRAW, Satori Paint, Serif DrawPlus, SignBlazer, Stone Software, Create, Vector Effects, WinFIG-Windows port of Xfig, Xara Xtreme, Zoner Draw. ( Sumber Wikipedia )

Vexel Art

381px-Vector_vexel_example.jpg (381×599)
Perbedaan Vector Art dan Vexel Art
Vexel Art adalah kata baru yang digunakan untuk menamakan sebuah bentuk/object yang sepenuhnya berbasis pixel, seni raster yang meniru tampilan visual dari teknik grafis vektor/Vector Art(yaitu tajam garis dan bidang warna datar atau gradien halus mengisi). Kata itu sendiri adalah portmanteau berasal dari kombinasi "vektor" dan "piksel."


Jelasnya Vexel Art adalah gaya gambar vector di buat di progam berbasis pixel/raster, seperti Adobe photoshop. Vexel Art menjadi terkenal dan populer karena banyaknya pengguna Adobe Photoshop yang lebih nyaman membuat Vector Art di Adobe Photoshop. 

Kesimpulan

Kesimpulan ini ditulis untuk coba mengakhiri tulisan ini, kembali ke judul artikel yang sebuah pertanyaan "Menarik Mana Vector Art atau Vexel Art?" jawabanya menurut selera masing, sebelum masuk kepengertian Vector Art dan Vexel Art, di jelaskan maksud dan tujuan dari pembahasan mengenai vexel art dan vector art, yaitu tidak perlu di perdebatkan mana yang lebih menarik atau lebih benar. Nikmati saja karyanya dan jadikan motivasi untuk membuat karya lainnya.


Posted in , , , , , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.