Mengenal Selection Tools di Photoshop

Masih dalam dasar belajar Photoshop, setelah mengetahui beberapa tools yang ada pada photoshop. Kali ini kita coba membahas mengenai selection tools.  

Selection Tools yaitu tools yang kita gunakan untuk menyeleksi sebuah objek dan juga memindahkannya. Berikut beberapa dasar selection tools yang harus kita kuasai :



Marquee Tool
Marquee Tools (M) adalah tool yang berfungsi untuk membuat seleksi objek dengan bentuk kotak, elips, kolom dan baris (1pixel). 

Move Tool 
Move Tool (V) adalah tool yang berfungsi memindahkan objek yang telah kita seleksi ke tempat lain yang kita kehendaki. Selain itu kita juga bisa berfungsi untuk merubah ukuran (resize) sebuah objek. Object yang dipindahkan berada di layer aktif.

Lasso Tool, Polygonal Lasso Tool dan Magnetic Lasso Tool
Dengan menggunakan Lasso Tool dan Plygonal Lasso Tool (L) adalah tool yang berfungsi melakukan seleksi dengan metode menggambar (freehand) atau melakukan trace pada objek yg kita seleksi. Sedangkan seleksi menggunakan Magnetic Lasso Tool, batas seleksi kita seolah menempel (seperti magnet) garis batas (edge) pada objek yg akan kita seleksi.


Quick Selection Tool dan Magic Wand Tool 
Quick SelectionTool (W) adalah tool baru yang ada pada photoshop cs3, dengan tool ini kita bisa membuat seleksi seperti menggunakan brush. Magic Wand Tool (W)adalah tool yang kita gunakan untuk melakukan seleksi berdasarkan kesamaan warna dari objek yg akan kita seleksi.

Posted in , , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.