Mengenal Desain Grafis dan Dasar-dasarnya

Pencils_hb.jpg (600×400)Untuk mempelajari desain kita harus mencari tahu sebanyak mungkin informasi mengenai desain. 

Dengan memiliki banyak informasi mengenai desain, diharapkan nantinya akan mampu menghasilkan karya desain yang baik dan benar

Karena itu informasi berikut adalah pengenalan apa itu desain grafis dan apa aja dasar-dasar desain grafis tersebut.


Pengertian Desain Grafis

Berdasarkan wikipedia : 

"Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).

Seni disain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak."

Tanpa memperlihatkan tugas yang spesifik, designer grafis mempunyai dua tujuan yang saling berhubungan atau dengan kata lain ada 2 pilar penting dalam desain grafis yaitu kemampuan kognitif dan ketrampilan visual. 


Kemampuan kognitif yaitu, menyampaikan sebuah pesan ke audiens. Seorang desainer harus memiliki wawasan yang luas tidak hanya mengenai desain namun lebih luas lagi seperti politik, budaya, ilmu pengetahuan, gaya hidup dan terpenting adalah kemajuan mengenai teknologi digital. Dengan memiliki kemampuan kognitif ini diharapkan pesan yang dibuat mudah dipahami dan sampai ke audiens dengan mudah.


Ketrampilan visual yaitu menciptakan sebuah tampilan desain yang menarik dan tepat sesuai informasi yang diberikan seperti karakter lay out, bentuk, warna dan tipografi haruslah menjadi kesatuan yang benar dan tepat. Dan bagaimana penempatannya di media juga menjadi salah satu faktor penting.


kolaborasi antara kemampuan kognitif dan ketrampilan visual yang benar sangat menentukan keberhasilan suatu desain. Jadi dalam mebuat sebuah desain tidaklah mudah, harus benar-benar dimengerti dasar-dasarnya sehingga desain yang dibuat benar.


semoga bermanfaat.

Posted in . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.