Microstock Sebagai Sumber Pendapatan

http://www.micro-stock.net/media/micrologos.gifSeorang desainer membutuhkan sebuah penghasilan yang lebih baik dari jasanya. Salah satu sumber pendapatan yang bisa di coba adalah bergabung dengan microstock.

Mungkin agak asing dengan kata tersebut atau pernah dengar namun belum mengerti apa maksudnya?? di post kali ini saya coba sedikit menjelaskan apa itu microstock. Karena saya juga sedang ingin menggelutinya.


Dari beberapa sumber saya bisa mengambil penjelasan bahwa microstock adalah bisnis menjual image foto atau ilustrasi vector atau juga footage dalam bentuk RF (royalti free) lewat agensi2 microstok. Agensi2 bisa menjual image kita berkali2, jadi tidak eksklusif untuk satu pembeli saja. 

Jadi kita bisa mendapatkan keuntungan yg terus menerus. RF image berarti pembeli image kita bisa menggunakan image kita beberapa kali, tetapi tetep tidak boleh menjualnya mentah berupa image tadi. 

Jadi kalo misalnya, saya beli image, image bisa dipake di berbagai media, dan dipakai lagi nantinya tanpa menyalahi aturan, tetapi hak cipta tetap dimiliki si artist, bukan pembeli, bukan agensi.

Microstock di Indonesia sendiri masih kurang kepopularannya namun di luar Microstock menjadi sumber pendapatan yang lumayan buat designer. Beberapa agensi microstock yang populer seperti shutterstock, isostock dan banyak lagi. Tinggal di cari aja di google dengan kata kunci microstock.

Mungkin segini aja dulu yang bisa saya jelaskan mungkin kedepannya bisa sharing lagi mengenai Microstock ini.


Posted in . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.